DIKLATPIM TK.II
A. Calon Peserta
Calon Peserta Diklatpim Tk.II adalah mereka yang namanya telah
diusulkan oleh Badan Kepegawaian Daerah dan telah lulus seleksi dan
namanya tercantum dalam Surat Deputi Bidang Diklat Apararur.
B. Sifat, Waktu Dan Tempat Penyelenggaraan
Penyelenggaraan Diklatpim Tk.II bersifat “On Campus dan Off Campus”
yaitu pada waktu tertentu peserta berada di Kampus (asrama) dan
beberapa waktu tertentu kembali ke Instansi masing – masing dan
kembali lagi ke kampus (asrama), ) dengan durasi pelaksanaan
selama 91 hari kerja,23 hari kerja untuk pembelajaran klasikal dan 68
hari kerja untuk pembelajaran non klasikal. Adapun tahapan diklat
adalah sebagai berikut :
No |
Tahap |
Waktu |
Sifat |
1 |
Diagnosa KebutuhanPerubahan Organisasi |
6 hari |
On Campus |
2 |
Breakthough I (taking Ownership) |
8 Hari |
Off Campus |
3 |
Merancang Perubahan dan Membangun Tim |
15 Hari |
On Campus |
4 |
Breaktrough II (Leadership Laboratory) |
60 Hari |
Off Campus |
5 |
Evaluasi Progress Implementasi Proyek Perubahan |
2 hari |
On Campus |
C. Pendaftaran dan Persyaratan
1) Mengisi Formulir kesediaan dan dikirim melalui fax sebelum batas
waktu yang ditentukan.
2) Pendaftaran ulang sesuai waktu yang ditentukan dan setelah
pendaftaran ulang peserta langsung masuk asrama.
3) Membayar biaya Diklat Kepemimpinan.
4) Menyerahkan Surat tugas Mengikuti Diklatpim Tk.II dan Surat
Pernyataan Bebas Tugas yang ditandatangani oleh Bupati/Sekretaris
Daerah.
5) Fotocopy SK jabatan dan Golongan/Pangkat terakhir.
6) Surat Seleksi administrasi dari Tim Seleksi Peserta Diklat Instansi
(TSPDI) (bagi peserta yang sudah menduduki jabatan Eselon II)
7) Fotocopy STTPP Diklatpim Tk.III / SPAMA / Diklat lain yang setara
bagi yang masih eselon III.
8) Pas foto peserta berwarna dengan latar belakang merah
mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) warna gelap, ukuran 3x4
dan 4x6 masing – masing sebanyak 2 lembar.
9) Bukti/Sertifikat ETS TOEIC dengan skor minimal 450 atau IBT TOEFL
dengan skor minimal 45, IELTS skor minimal 5 atau LAN ECSSS Tes
dengan skor minimal 70 atau dokumen lain yang setara (bagi
peserta yang lulus bersyarat bahasa inggris).
10) Untuk kegiatan Benchmarking, peserta akan menggunakan Paspor
Dinas (Biru). Bagi yang sudah memiliki paspor tersebut, batas waktu
expired date adalah 6 (enam) bulan sebelumnya, sementara yang
belum memiliki pasfor dinas, menyiapkan persyaratan sebagai
berikut :
a. Foto copy kartu pegawai (KARPEG), 2 lembar.
b. Foto Copy KTP, 2 lembar.
c. SK jabatan Terakhir, 2 lembar
d. Pas Foto ukuran 3x4 dan 4x6 dengan latar belakang putih, @ 3
lembar dengan ketentuan :
 Pria : mengenakan PSL (kemeja, berjas dan berdasi), tidak
berkacamata dan tidak memakai tutup kepala (kopiah)
 Wanita : mengenakan PSL, boleh berjilbab (bukan warna putih
dan tidak menutup dahi), bagi yang tidak berjilbab terlihat
telinga dan tidak berkacamata.
11) Biaya transfort peserta dalam rangka off campus dan biaya transport
Mentor (pada saat Seminar rancangan Proyek Perubahan dan
Seminar Laboratorium Kepemimpinan) menjadi tanggung jawab
instansi pengirim.
12) Pola penyelenggaraan Diklatpim Tk.II adalah pola baru, sehingga
menuntut kondisi kesehatan peserta yang baik. Pada minggu –
minggu tertentu pembelajaran diadakan di asrama (on campus) dan
pada minggu – minggu tertentu pembelajaran diadakan di instansi
masing – masing (off campus).
13) Untuk keperluan penugasan dalam diklat baik secara kelompok
maupun individu peserta diwajibkan membawa notebook (laptop).
14) Jenis pakaian yang perlu dipersiapakan sebagai berikut :
 Pakaian harian adalah :
 Hari Senin – kamis (sesi pagi-sore)
- Pria : Kemeja polos (soft) & celana panjang warna gelap.
- Wanita : Baju polos (soft) & rok/celana panjang warna gelap.
 Senin – Kamis (sesi malam), hari jum’at dan hari sabtu :
- Pria : Batik/kain nusantara & celana panjang warna gelap.
- Wanita : Batik/ kain nusantara
 Pakaian dan perlengkapan olahraga.
 Pakaian untuk pembukaan dan penutupan Diklat : Pakaian Sipil
Lengkap (PSL)
15) Dalam rangka pelayanan kesehatan peserta diharapkan membawa
kartu ASKES atau Asuransi Kesehatan lainnya.